DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SWOT TERHADAP EKSISTENSI OBYEK WISATA AIR TERJUN LIANG PANDAN DI KECAMATAN MURUNG KABUPATEN MURUNG RAYA
PENGARANG:Ahmad Rusaidi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-12


ABSTRAK

Ahmad Rusadi, 1810413610023, Analisis SWOT Terhadap Eksistensi Obyek Wisata Air Terjun Liang Pandan Di Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya. Dibimbing oleh Drs. Abdurrahman, M.Si.

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui eksistensi obyek wisata air terjun Liang Pandan Di Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya yang dilakukan oleh plt Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan informan penelitian ialah Kepala Dinas  Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Murung Raya, Plt. Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Staff Fungsional Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif serta Masyarakat Kecamatan Murung.

Analisis SWOT terhadap eksistensi obyek wisata air terjun Liang Pandan di Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya yang di dalamnya mencakup penelitian guna menganalisis faktor internal dan eksternal, peluang dan ancaman yang di hadapi dan di sesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang di miliki dan menghasikan alternatif-alternatif strategi, berdasarkan hasil analisis SWOT yaitu memaksimalkan pengolahan potensi wisata, mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam melestarikan alam, serta meningkatkan keunggulan dari aksesbilitas, nilai sejarah, serta keadaan fisik wilayah yang cukup terjaga dengan bekerjasama dengan organisasi swasta ataupun negeri untuk menambah dan menjaga wilayah kepariwisataan sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat dan daerah. Dengan analisis SWOT juga didapatkan strategi untuk mengurangi kelemahan dan ancaman yang ada, yaitu dengan melakukan pemeliharaan terhadap daya tarik wisata yang dimiliki khususnya pada masyarakat yang bertempat tinggal disekitaran kawasan wisata, peningkatan keikutsertaan pemerintah dalam menjaga obyek wisata.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Eksistensi, Obyek Wisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI