DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemberian Reward Terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit: Literature Reviewa
PENGARANG:MUHAMMAD ARI RISADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-13


Latar Belakang: Pemberian reward menjadi salah satu faktor sentral yang dapat mempengaruhi kinerja individu dalam sebuah instansi. Penghargaan (reward) dimaknai sebagai balasan jasa yang diberikan kepada tenaga kerja. Penghargaan tidak hanya merupakan hak atau kewajiban, namun juga dipandang sebagai daya dorong dan semangat untuk bekerja. kepuasaan akan muncul pada diri individu karena adanya harapan yang akan datang, sehingga mereka melakukan pekerjaannya dengan baik dan optimal.

Tujuan:Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian reward terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit.

Metode: Studi ini menggunakan Literature review, dari tiga basic data electronik; Google Scholar, dan Portal Garuda dan Pubmed dalam rentang tahun 2017-2022 ditemukan 7 literature yang sesuai dengan kata kunci. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan analitik crosssectional studies. 7 artikel telah ditelaah menggunakan instrument Joanna Briggs Institute Critical Appraisal Checklist croos sectional.

Hasil:Dari 7 artikel menunjukkan 6 artikel memiliki hasil yang sama yaitu pemberian reward yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan kerja perawat. Terdapat 1 artikel menunjukkan reward yang diberikan masih belum optimal.

Pembahasan: Reward merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi individu bekerja pada suatu organisasi. Setiap organisasi dapat menggunakan berbagai reward untuk menarik dan mempertahankan karyawan dan memotivasi agar mereka dapat mencapai tujuan organisasi. Dengan mendapat reward yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, akan tercipta iklim atau sikap positif terhadap pekerjaannya, sehingga semakin terbentuk kepuasan kerja perawat yang tinggi.

 

Kata kunci:kepuasan kerja, pemberian reward, perawat di rumahsakit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI