DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peranan Academic Self-Concept terhadap Kepribadian Hardiness pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi di Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat
PENGARANG:Mei carine
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-13


Suatu kewajiban bagi setiap mahasiswa adalah lulus dengan tepat waktu. Syarat akhir pendidikan yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa ialah mengerjakan skripsi. Namun kenyataannya, mahasiswa masih mengalami hambatan dalam pengerjaannya yang mengindikasikan kurangnya kepribadian hardiness. Adapun salah satu faktor kepribadian hardiness ialah academic self-concept. Melalui hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan academic self-concept terhadap kepribadian hardiness pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di program studi psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan desain penelitian cross sectional. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling jenuh sehingga diperoleh 204 mahasiswa sebagai subjek. Pengumpulan data menggunakan skala academic self-concept scale dari Liu dan Wang (2005) dan Mhiya-18 dari Octavia dkk (2021). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan hasil bahwa terdapat peranan positif antara academic self concept terhadap kepribadian hardiness (R2=0,229, p<0,05). Semakin tinggi academic self-concept mahasiswa, maka semakin tinggi kepribadian hardiness. Academic self-concept memiliki peran sebesar 22,9% dalam memprediksi kepribadian hardiness sementara sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI