DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Biobriket Batubara Dengan Campuran Biomassa Daun Pisang Kering Ditinjau Dari Uji Proximate Dan Durasi Pembakaran
PENGARANG:zaen akbar
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-13


Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak dapatdipisahkan dari kebutuhan masyarakat. Dimana semakin lama harga bahan bakarsemakin meningkat sehingga menjadi permasalahan yang serius dalam kehidupanmasyarakat. Dalam penelitian kali ini menggunakan bahan dasar dari daun pisang kering sebagai bahan campuran biobriket batubara. Mengingat bahwasanya daun pisang kering melimpah di Indonesia dan sering tidak digunakan di kalangan masyarakat.

Kegiatan ini melakukan pembuatan sampel dengan komposisi batubara, daun pisang kering,perekat, kaolin dan kapur yang disesuaikan dengan presentase. Kemudian dilakukan uji analisis proximate, uji calorific value dan uji pembakaran.

Dari hasil yang didapatkan bahwasannya daun pisang kering mampu menurunkan inherent moisture, ash content, volatile matter, calorific value, dan durasi lama pembakaran. Dengan variasi komposisi C pembuatan biobriket dengan persentase batubara sebesar 70%, daun pisang kering sebesar 10%, perekat sebesar 15%, kapur sebesar 3%, dan kaolin sebesar 2% menghasilkan kualitas briket yang baik serta dengan durasi pembakaran yang lama.

Kata kunci: Biobriket,batubara,daun pisang kering.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI