DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (STUDI MULTI SITUS PAUD QUR’AN CAHAYA AR-RAUDHAH DAN PAUD TERPADU SHABWA AMANAH KOTA BANJARBARU)
PENGARANG:RATU NOOR KHALIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-13


 

Ratu Noor Khalidah 2023. Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an pada Anak Usia Dini (Studi Multi Situs PAUD Qur’an Cahaya Ar-Raudhah dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah Kota Banjarbaru. Tesis Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. (2) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Al-Qur’an, Anak Usia Dini.

 Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan termasuk kehidupan umat islam, oleh karena itu pendidikan harus diberikan sejak dini, salah satunya dengan mengajarkan pembelajaran Al-Qur’an dapat anak usia dini. Manajemen pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien dapat menciptakan pembelajaran Al-Qur’an yang berkualitas sehingga dapat melahirkan generasi Qur’ani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif desain multi situs dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data melalui dua tahap yaitu analisis data situs dan analisis data lintas situs dengan penelitian dilakukan di PAUD Qur'an Cahaya Ar-Raudhah dan PAUD Shabwa Amanah Kota Banjarbaru.

 Hasil penelitian yang diperoleh mengenai manajemen pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an di PAUD Qur’an Cahaya Ar-Raudhah dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah disusun oleh kepala PAUD bersama guru kelompok A dan Bserta guru khusus tilawati dengan diadakan rapatdilembaga PAUD pada tahun ajaran baru. Perencanaan dibuat meliputi program tahunan, semester, mingguan dan harian dilanjutkan menentukan tujuan, target, metode, materi, media, penilaian dan waktu pembelajaran Al-Qur’an 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an diajarkan oleh guru khusus tilawati dan guru kelompok baik guru kelompok A dan B menggunakan metode tilawati, pelaksanaan terdiri dari 3 kegiatan: kegiatan awal, kedua kegiatan inti meliputi pembelajaran klasikal terdapat 2 teknik, teknik pertama guru membacakan anak mendengarkan, teknik kedua guru dan anak membaca bersama-sama. Kedua pembelajaran individu setiap anak bergiliran membaca buku tilawati dan menghafal surah  pendek, dan terakhir kegiatan penutup dengan berdo’a setelah belajar. 3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dilakukan oleh guru kelompok A dan B, guru khusus tilawati, dan guru yang ditunjuk (Munaqisy) untuk menilai tes bacaan Al-Qur’an serta tes hafalan surah pendek anak di lembaga PAUD masing-masing. Evaluasi penilaian harian menggunakan buku prestasi, stempel bintang serta lembar checklist dan penilaian semester menggunakan penilaian munaqosyah menggunakan rapot tilawati serta laporan perkembangan anak. Disarankan agar kepala PAUD dapat memepertahankan serta meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an dan bagi guru selalu mengikuti pelatihan serta memberikan inovasi baru dalam pembelajaran Al-Qur’an.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI