DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN POLA ASUH ORANG TUA MELALUI KERJASAMA ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK GUGUS 1 KECAMATAN DAHA UTARA
PENGARANG:NOR SYIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-13


ABSTRAK

Syifa, Nor. 2022. Pengaruh Peran Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua melalui Kerjasama Antara Sekolah dengan Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di TK Gugus 1 Kecamatan Daha Utara. Tesis Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Ali Rachman, M.Pd. dan (2) Dr. Hj.Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Peran orang tua, Pola asuh orang tua, Kerjasama, Kemandirian.

Kemandirian adalah salah satu aspek kepribadian yang sangat penting untuktumbuh kembang anak, Ini berkaitan dengan aspek kepribadian yang lain dan harus diajarkan serta dilatih pada anak usia dini agar tidak menghambat dalam tumbuh kembang anak selanjutnya. Kemandirian pada anak tidak terbentuk dengan sendirinya. Kemandirian anak di bentuk berdasarkan kemauan, dorongan dari orang sekitar serta lingkungan anak. Dari hasil pengamatan dan wawancara awal, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemandirian anak masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh peran orang tua dan pola asuh orang tua melalui kerjasama antara sekolah dengan orang tua terhadap kemandirian anak.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik regresi (regresi research). Populasi penelitian sebanyak 195 orangtua dan pada saat pelaksanaan yanghadir hanya 172 orang tua, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 172 responden dengan menggunakan teknik total sampling atau sampel total. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan teknik item-total correlation, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier, dan analisis jalur.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan kemandirian anak; peran orang tua dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua; pola asuh orang tua dan kemandirian anak; pola asuh orang tua dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua; kerjasama antara sekolah dengan orang tua dan kemandirian anak; dan (2) terdapat hubungan tak langsung yang positif dan signifikan antara peran orang tua melalui kerjasama antara sekolah dengan orang tua terhadap kemandirian anak; pola asuh orang tua melalui kerjasama antara sekolah dengan orang tua terhadap kemandirian anak.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada orangtua, guru, dan kepala satuan TK agar menjalin komunikasi agar orangtua memahami dengan baik cara mendidik anak sehingga dapat memberikan kemandirian pada anak-anak dan anak dapat memahami diri mereka di masa yang akan datang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI