DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Modal Sosial Masyarakat Terhadap Pembangunan Suprastruktur Di Desa Takulat Kecamatan Kalua, Kabupaten Tabalong
PENGARANG:JARIAL ILMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-13


ABSTRAK

Jarial Ilmi D1B115416: “Modal Sosial Masyarakat Terhadap Pembangunan Suprastruktur, Di Desa Takulat Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong. Dibawah bimbingan Sandra Bhakti (pembimbing I) dan Saifudin (pembimbing II).

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran masyarakat desa takulat dalam pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori modal sosial oleh Robert D. Putnam 1993. Yang terdiri dari tiga indikator diantaranya jaringan (network), kepercayaan (trust), dan Norma. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informan Kepala Desa Takulat, Aparat Desa Takulat dan Tokoh dan atau Masyarakat Desa Takulat.

            Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa indikator jaringan (network) yang dalam hubungan komunikasi antara pemerintahan desa dengan masyarakat sudah cukup baik, hal ini dapat dibuktikan pada peran masyarakat yang sangat aktif saat ikut dalam kegiatan perencanaan pembangunan dan program usulan yang disampaikan pada setiap acara musyawarah desa untuk 5 tahunan kedepan. Indikator kepercayaan (trust) juga bias dikatakan cukup baik, hal ini merujuk pada keingininan dan dukungan serta motivasi masyarakat pada pemerintahan desa untuk mengelola semua unsur program baik itu perencanaan sampai kepada hasil berupa kebijakan atau program yang akan dilaksanakan sampai benar-benar terlaksana sesuai dengan a[a yang sudah disepakti bersama sebelumnya. Begitu juga dengan pemerintah desa yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat baik itu dibidang infrastruktur maupun suprastruktur keperluan desa. Indikator norma, pada indikator ini berjalan dengan baik, karena masyarakat dan pemerintahan desa memang menjunjung tinggi yang namanya norma dan nilai-nilai kepantasan yang berlaku sudah sangat lama berlandaskan adat kebiasaan kehidupan masyarakat sebagimana mestinya.

Kepada Masyarakat dan Pemerintahan Desa Takulat Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong agar bisa lebih memperhatikan pembangunan yang mengarah ke pembangunan suprastruktur desa, hal ini tentu agar pembangunan tersebut dapat menggali potensi desa dari masyarakat desa takulat sediri yang mana hal akan sangat bermanfaat untuk menciptakan masyarakat yang mampu memberikan kontribusi tak hanya berupa ide-ide saja tetapi juga akan ada kesadaran untuk turut peduli dengan kemajuan desa secara langsung lewat tindakannya.

Kata kunci: modal sosial, pembangunan suprastruktur desa, masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI