DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penyaluran BLT Dana Desa oleh Pemerintah Desa Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:Ilhamuddin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-13


Ilhamuddin, 1810413610029, Efektivitas Penyaluran BLT Dana Desa oleh Pemerintah Desa Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Husein Abdurrahman.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Efektivitas penyaluran Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Oleh Pemerintah Desa Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi sekaligus responden dalam penelitian ini berjumlah 42 orang masyarakat yang menerima dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa oleh Pemerintah Desa Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Adapun analisis data menggunakan statistik sederhana mean dan median.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 indikator yang digunakan sebagai upaya untuk mengetahui Efektivitas Penyaluran Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa oleh Pemerintah Desa Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Indikator tersebut antara lain, yaitu (1) Indikator Pemahaman Program terletak pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 15,5. (2) Indikator Ketepatan Waktu terletak pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 14,9. (3) Indikator Ketepatan Sasaran terletak pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 14,7. (4) Indikator Tercapainya Tujuan berada pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 16. (5) Indikator Perubahan Nyata terletak dalam kategori “Cukup Efektif” dengan pencapaian skor rata- rata (mean) 12,6. Dari kelima indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Penyaluran Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa oleh Pemerintah Desa Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu termasuk dalam kategori “Efektif” dengan skor nilai rata-rata (mean) yaitu 73,7 karena berada dalam rentang 71 – 87. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nol (????????) ditolak.

Kepada Pemerintah Desa lebih menyeleksi dan memperhatikan kriteria yang berhak menerima bantuan, dan transparan dalam penyaluran program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Serta lebih meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia yang terlibat dalam program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dan diberikan pelatihan mendalam mengenai proses-proses mulai dari pendataan, penyeleksian dan penetapan penerima bantuan. Kepada masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dapat lebih memanfaatkan dana bantuan yang diberikan sebaik mungkin untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kata Kunci : Efektivitas, Bantuan Langsung Tunai, Penyaluran Program

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI