DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ETNOBOTANI TANAMAN OBAT OLEH MASYARAKAT DAYAK BAKUMPAI DI DESA MUARA RIPUNG KECAMATAN DUSUN SELATAN KABUPATEN BARITO SELATAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:REYNALDI
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-09-26


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja tanaman obat yang digunakan oleh masyarakat suku dayak bakumpai desa Muara Ripung termasuk bagaimana cara masyarakat mengolah tanaman tersebut menjadi obat untuk mengobati penyakit yang diderita. Adapun penyakit yang diobati hanya penyakit ringan. Untuk penyakit berat masyarakat biasanya langsung ke rumah sakit di Ibukota Kabupaten karena jarangnya yang lumayan dekat yaitu kurang lebih 30 menit dengan akses jalur sungai.
Hasil penelitian ini tanaman obat yang digunakan terdiri 10 jenis yaitu Ganggang Hijau (Caulepra racesmosa), Ketepeng Cina (Senna alata), Mengkudu (Morinda citrifolia), Langir (Albizia saponaria), Rotan (Calameae calamus), Pisang (Musa acuminata), Bambu Kuning (Bambusa vulgaris), Kenanga (Cananga odorata), Simpur (Dillenia exelsa), dan Daun Seribu (Achillea millefolium). Cara pengolahan tanaman tersebut dengan berbagai macam cara seperti dihaluskan, direbus, dibakar, direndam, dijemur dan lain sebagainya.
Kata kunci : Etnobotani, Tanaman Obat, Suku Dayak Bakumpai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI