DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI PT CITRA PUTRA KEBUN ASRI KECAMATAN JORONG KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:DHIKY PRASETYO
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-09-26


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menginventarisasi satwa burung yang berada di PT Citra Putra Kebun Asri Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut dan mengidentifikasi keanekaragaman jenis burung yang ada pada kawasan PT Citra Putra Kebun Asri Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut berdasarkan spesies dan status burung. Manfaat penelitian ini secara akademik dan ilmiah diharapkan dapat memberikan informasi dibidang ornithology (Ilmu tentang burung), khususnya dalam mengkaji keanekaragaman jenis burung pada kawasan PT Citra Putra Kebun Asri Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode IPA (Index Point of Abundance) dan data sekunder berupa data keadaan umum peta lokasi PT Citra Putra Kebun Asri Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Dan data ditabulasi menurut unit waktu dan tipe habitat. Durasi waktu 5 menit.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah jumlah total jenis yang didapat pada kedua lokasi pengamatan ini yaitu sebanyak 28 jenis, terbagi menjadi 12 jenis yang hanya terdapat di hutan sekunder, 4 jenis yang terdapat di perkebunan sawit serta 12 jenis yang terdapat di kedua lokasi pengamatan, indeks keanekaragaman yang diperoleh pada hutan sekunder sebesar 2.961 dan Indeks keragaman jenis pada perkebunan sawit menunjukan nilai sebesar 2.536 maka dari kedua lokasi peneltian tersebut tergolong kriteria keanekaragamannya sedang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI