DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENAMBANGAN BATUBARA TERHADAP LINGKUNGAN DAN EKONOMI MASYARAKAT BATU KAJANG KECAMATAN BATU SOPANG KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR
PENGARANG:SHOFIA ULFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-17


Ulfa (2022). Dampak Penambangan Batu Bara Terhadap Lingkungan dan Ekonomi Masyarakat Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser Kalimantan Timur . Pembimbing: Ali Wardhana, SP, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penambangan batubara terhadap lingkungan ekonomi dan masyarakat Batu Kajang Kabupaten Paser. Unit analisis dalam penelitian ini ialah perekonomian masyarakat yang berada di sekitaran penambangan batu bara. Metode analisis data kualitatif secara aktif atau terus menerus sampai mendapat data jenuh (Miles dan Huberman).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penambangan batu bara terhadap lingkungan memiliki dampak yang negatif karena dapat mencemari lingkungan serta terjadi penurunan kualitas air dan udara. Disisi lain dampak penambangan batu bara terhadap ekonomi masyarakat Batu Kajang justru bersifat positif karna mampu mengangkat perekonomian lokal dengan adanya para pendatang pekerja tambang yang tinggal di Batu Kajang.

 

 

Kata Kunci: Pertambangan Batu Bara; Perekonomian; Lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI