DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN E-LEARNING RUANGGURU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWAKELAS XIDISMA NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:Adidah Rizqiah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-17


Penelitian ini membahas tentang peningkatanPemanfaatan E-Learning Ruangguru Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Kajian ini dilatar belakangi oleh teori Nindi Silvia Rahma bahwa media aplikasi ruangguru merupakan salah satu bentuk pola pendidikan dalam menyikapi revolusi indutri 4.0 dengan memanfaatkan smarthphone/gadget sebagai media platform ruangguru berbasis digital yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, serta penggunaannya yang mudah dan membantu dalam pembelajaran yang belum dipahami. Oleh karena itu untuk meningkatkan ketertarikan, semangat dan hasil belajar pada pelajaran Biologipeneliti mengujikan E-LearningRuangguru di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Pemilihan sekolah tersebutsebagai fokus penelitian adalah karena berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa guru Biologidi SMA Negeri 10 Banjarmasin masih menggunakan media konvensional dalam kegiatan pembelajaran.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil uji t-test post tesdiperoleh nilai rata-rata (mean) yang berasal dari kelas eksperimen 94,52dan rata-rata (mean) kelas kontrol 75,48. Jadi nilai rata-rata kelas eksperimen (menggunakan media) lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol (pembelajaran konvensional) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang positif dan signifikan penggunaan E-Learning Ruangguru sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin., 2) Hasil uji t-test hasil belajar diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada peningkatanyang positif dan signifikan dalam pemanfaatan E-Learning Ruangguru sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika media aplikasi Ruangguru digunakan, maka hasil belajar siswa dan ketertarikan pada pelajaran Biologimeningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI