DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Camat Perempuan Dalam Melaksanakan Percepatan Program Vaksinasi Covid-19 Di Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin
PENGARANG:Milda Rahmawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-17


ABSTRAK

 

Milda Rahmawati, 181041332043, 2022, Peran Camat Perempuan Dalam Melaksanakan Percepatan Program Vaksinasi Covid-19 Di Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. Dibimbing oleh Muhammad Najeri Al Syahrin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran camat perempuan dalam melaksanakan percepatan program vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tidak terlepas dari peran seorang pemimpin, peran kepemimpinan ini sangat berpengaruh dalam partisipasi masyarakat ikut serta dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Menurut Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, 2009 (dalam penelitian Hardika 2013: 8) peran dapat diartikan sebagai perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori peran menurut Covey yaitu pencaharian alur (Pathfinding), penyelaras (aligning) dan pemberdayaan (empowering). Informan dalam penelitian ini  adalah Asisten Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin, Camat Tapin Utara, Sekretaris Camat Tapin Utara, Staff Puskesmas Tapin Utara dan Masyarakat Kecamatan Tapin Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran camat perempuan dalam melaksanakan percepatan program vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin sudah terlaksana. Hal ini dilihat dari pencaharian alur (Pathfinding) yang mana Camat Tapin Utara sudah menjalankan sesuai visi misinya. Selanjutnya penyelaras (aligning) yang mana peran camat dalam proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19, memastikan struktur dan sistemnya mendukung pada pencapaian visi misi. Kemudian pemberdaya (empowering) peran Camat Tapin Utara disini mampu memotivasi masyarakatnya dengan kreatifitas camat dan konsistensi yang dilakukan Camat Tapin Utara.

Kepada Camat Tapin Utara agar lebih meningkatkan potensi yang ada karena peran seorang pemimpin akan menjadi figur untuk masyarakatnya. Direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti dengan lebih dalam lagi terkait dengan Peran Camat Perempuan di Kecamatan Tapin Utara.

 

Kata Kunci: Peran, Camat Perempuan, Vaksinasi Covid-19

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI