DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA MAKMUR MULIA KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:Mega Mustika Tirtha Rahayu
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-17


ABSTRAK

Mega Mustika Tirtha Rahayu, 1810413320004, 2022, Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Bapak Abdurrahman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori implementasi menurut George Edward III (1980) yaitu  komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Kepala BPD, Kaur Keuangan, Perangkat Desa, Ketua RT, Masyarakat Desa Makmur Mulia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu sudah tercapai. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi ini terjadi seperti kepala desa memberikan arahan kepada warganya melalui sosialisasi yang diberikan sudah terlaksana, selanjutnya sumber daya peran dari perangkat desa memiliki peran penting didalam melakukan program bantuan langsung tunai serta fasilitas yang ada dikantor desa makmur mulia sudah memadai, disposisi yang mana didalam melakukan program BLT ini tidak memiliki hambatan dalam melakukan penyaluran dana dari BLT, kemudian struktur birokrasi dimana program yang dilakukan untuk warga desa makmur mulia berjalan dengan baik.

Kepada Kepala Desa Makmur Mulia, agar program tersebut berjalan dengan baik kepala desa memberikan arahan kepada perangkat desa untuk membagi jadwal terkait dalam penyaluran BLT, agar masyarakat tidak menunggu terlalu lama di Kantor Desa Makmur Mulia dalam penyaluran program BLT tersebut. Kepada peneliti selanjutnya perlu meneliti dan lebih mendalami terkait dengan kebijakan program bantuan langsung tunai di Desa Makmur Mulia.

 

Kata Kunci: Implementasi, Program, Bantuan Langsung Tunai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI