DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“REPRESENTASI EMOSI REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM VIDEO KLIP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI” (Analisis Isi Kualitatif Pada Video Klip TXT (Tomorrow X Together) – We Lost The Summer)
PENGARANG:SYIFA AURIL HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-17


ABSTRAK

 

Syifa Auril Hidayah. 180414320035. 2022. Representasi Emosi Remaja pada Masa Pandemi COVID-19 dalam Video Klip Sebagai Media Komunikasi (Analisis Isi Kualitatif pada Video Klip TXT (Tomorrow X Together) – We Lost The Summer). Dibimbingan oleh Fahrianoor.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran bagaimana emosi remaja pada masa pandemi direpresentasikan dalam video klip TXT yang berjudul We Lost The Summer dan juga untuk mengetahui bagaimana pesan yang ada pada video klip tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analsis isi kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori representasi berdasarkan Stuart Hall dan analisis isi berdasarkan Klauss Krippendorff.

Hasil penelitian menunjukkan adanya 29 scene dan 17 potongan lirik yang mengandung emosi dasar menurut George Beoree. Dari 29 scene tersebut emosi dasar yang paling mendominasi adalah Keluarga Kebahagiaan (Happiness family) dengan 14scene. Sedangkan pada 17 potongan lirik emosi dasar yang mendominasi adalah Keluarga Kesedihan (Saddess family) dengan 6 potongan lirik lagu. Hasil lainnya juga adalah menunjukkan pesan yang dimana pesan verbal yang didapatkan dari lirik lagu dan pesan nonverbal yang didapatkan dari scene pada video klip We Lost The Summer, Sehingga pesan verbal yang didapat adanya rasa jenuh, kesepian, kecewa, putus asa, yang dimana semua itu dikarenakan merasa kehilangan atau terlewati akan banyak moment, seperti kegiatan, hari special, dan lainnya yang biasa dilalui atau dilakukan bersama dengan seseorang atau orang lain sehingga hal tersebut ingin dikembalikan seperti sebelumnya atau keinginan untuk dapat kembali bersama.Sedangkan pesan nonverbal yang didapat adalah ketika dapat melakukan suatu hal bersama dengan seseorang atau orang lain bahkan teman-teman, hal yang dapat dirasakan adalah perasaan senang dan bahagia.

Kata Kunci: Representasi, Video Klip, Emosi Remaja, Pandemi COVID-19, Analisis Isi Kualiatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI