DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SOSIALISASI PEMERINTAH DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI KECAMATAN JENAMAS KABUPATEN BARITO SELATAN
PENGARANG:NOVITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-17


ABSTRAK

Novita, 1810413320030, 2022 : “Sosialisasi Pemerintah Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan”. Di bawah Bimbingan Bapak Mahyuni.

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya upaya pemerintah kecamatan Jenamas dalam melakukan sosialisasi terhadap pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena akan menganalisis tentang Sosialisasi Pemerintah terhadap Pembuatan Kartu Penduduk Elektronik (e-KTP) dengan menggunakan teori-teori serta konsep-konsep yang berkaitan dengan Ilmu Pemerintahan.

Untuk mencapai apa yang ingin dituju dari penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan untuk menganalisa alat ukur yang digunakan yaitu data interval. Dalam penelitian ini digunakan skala likert dengan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui penyebaran kuesioner serta teknik analisisnya yaitu melalui penyebaran kuesioner dan analisis data dari penelitian ini bersifat deskriptif.

Hasil penelitian yang dideskripsikan dengan 20 pertanyaan kemudian dihitung per-indikator dari agen sosialisasi dari indikator yaitu indikator keluarga adalah kategori sedang 58.9%, indikator kelompok teman berada pada kategori sedang yaitu 55.3%, dan indikator lembaga pendidikan formal berada pada kategori sedang yaitu 52.4%, dan indikator media massa berada pada kategori sedang yaitu 53.35, dan indikator media sosial berada pada kategori rendah yaitu 48.4%, indikator komunikasi berada pada kategori sedang yaitu 51.8%, dan indikator mobilisasi massa berada pada kategori sedang yaitu 56.7%. Kemudian analisis secara keseluruhan berada pada kategori tinggi yaitu 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan pemerintah desa lebih memahami indikator sosialisasi yang mampu memberikan kontribusi besar terhadap pelayanan pembuatan e-KTP.

Kata kunci : Sosialisasi Pemerintah, Administrasi Kependudukan, Pelayanan Pembuatan e-KTP.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI