DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUATAN KARAKTER NASIONALISME SEBAGAI UPAYA SIKAP ANTI RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Aizzani Haris Ramadhani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-17


Muhammad Aizzani Haris Ramadhani, 2022. Penguatan Karakter Nasionalisme Sebagai Upaya Sikap Anti Radikalisme Pada Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Zainul Akhyar, M.H, Pembimbing (II) Muhammad Elmy, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Karakter Nasionalisme, Peserta Didik dan Radikalisme

 

Dalam dunia pendidikan permasalahan radikalisme menjadi ancaman serius bagi kenyamanan generasi muda saat ini dan di masa yang akan datang. Terdapat keterbatan materi anti radikalisme terhadap peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin yang materinya dianggap masih awam yang membuat peserta didik kurang dalam memahami materi radikalisme. Generasi muda diharapkan mampu menangkal dengan kuat pengaruh radikalisme dari dalam diri dengan menanamkan jiwa nasionalisme, membentengi diri terhadap provokasi, membangun komunikasi yang baik antar individu dan masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis (i) implementasi penguatan karakter nasionalisme dalam upaya sikap anti radikalisme, (ii) faktor pendorong dan penghambat penguatan karakter nasionalisme dalam upaya sikap anti radikalisme pada peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dipilih secara Snowball Sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan (i) penguatan pendidikan karakter khususnya nasionalisme sudah terlaksana sebagai upaya sikap anti radikalisme karna pendidikan karakter merupakan unsur penting sehingga implementasinya lebih menyatu dengan tujuan yang diselenggarakan pendidikan di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, (ii) faktor pendorong sekolah yang merupakan faktor dominan sebagai pendorong penguatan karakter nasionalisme dalam pembentukan karakter peserta didik yang dilengkapi dengan sarana prasarana dalam mengembangkan potensi dan penghambatnya dikembalikan lagi kepada karakteristik peserta didik yang pengaruh karakternya tergantung lingkungan. Peneliti berharap adanya perhatian bagi peserta didik yang perilakunya terkadang menyimpang dari nilai-nilai karakter nasionalisme yang dilaksanakan dalam aktivitas sehari-hari disekolah, kepada seluruh perangkat sekolah hendaknya mampu untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik, karena mereka sebagai penentu keberhasilan dalam implementasi penguatan pendidikan karakter terutama nasionalisme serta memantau dan mengawasi perilaku peserta didik dalam pergaulan selama dalam lingkungan sekolah agar tetap bisa menanamkan nilai-nilai karakter nasionalisme sebagai upaya sikap anti radikalisme.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI