DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Konflik Agraria dalam Perspektif Ekologi Politik; Studi Kasus Konflik di Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:Mahtia Safitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


Mahtia Safitri. Konflik Agraria dalam Perspektif Ekologi Politik; Studi Kasus Konflik di Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut ( Dibimbing oleh Ismar Hamid).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontestasi paradigma ekologi politik pada konflik agraria di Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian adalah situasi sosial dan data sekunder (literatur), dengan teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada konflik agraria yang terjadi di Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut terdapat kontestasi paradigma ekologi politik, yakni paradigma eko-developmentalisme ditemukan dalam bentuk tambang batu bara dan perkebunan kelapa sawit, paradigma eko-konservasionisme melalui kebijakan penetapan kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK), dan Livelihood masyarakat sebagai wujud dari paradigma eko-populis. Dengan adanya 3 paradigma dalam pengelolaan sumber daya alam di Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut akhirnya menimbulkan dampak negatif, telah terjadi tumpang tindih klaim terhadap lahan yang mengakibatkan terjadinya konflik agraria. Selain paradigma, dalam menentukan arah pengelolaan sumber daya alam ada kuasa kelas yang menentukannya. Ada kelas pemilik modal dan tuan tanah yang didudukkan pada perusahaan tambang batu bara dan perkebunan kelapa sawit yang mampu mempengaruhi para pembuat kebijakan yakni pemerintah. Kemudian terdapat kelas buruh tani dan kelas tani miskin, kelas inilah yang menentang pemilik modal dan tuan tanah.

Kata Kunci: Konflik Agraria, Paradigma Ekologi Politik, Kontestasi, Kuasa Kelas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI