DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TANGGUNG GUGAT PELAKU SPOILER FILM PADA APLIKASI TIKTOK
PENGARANG:QORI NOOR HAFIZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


Qori Noor Hafizi. Januari 2023. TANGGUNG GUGAT PELAKU SPOILER FILM PADA APLIKASI TIKTOK. Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 59 halaman. Pembimbing Utama: Dr. H. Rachmadi Usman, S.H., M.H., dan Pembimbing Pendamping: Junaidi Arif, S.H., M.H.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk tanggung gugat pelaku spoiler film pada aplikasi TikTok.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian hukum normatif. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipepenelitiandengan Dalam penelitian ini digunakan menggunakan pendekatan Perundang-undangan (statute Approach). Pendekatan Perundang-undangan ialah pendekatan yang dilaksanakan dengan cara menelaah berbagai macam perundang-undangan yang berkaitan dengan isu hukum yang penulis angkat.

 

Menurut hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Berdasarkan pasal 40 huruf m UU No. 28/2014, film atau karya sinematografi merupakan salah satu ciptaan yang dilindungi. Namun ketentuan yang ada di dalam No. 28/2014 tidak sepenuhnya melindungi hak pencipta. Kedua, upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pencipta selaku pihak yang dirugikan atas tindakan spoiler film yang dilakukan dengan cara mediasi, konsiliasi, negosiasi, arbitrase. Apabila tidak berhasil maka pencipta dapat mengajukan gugatan ganti rugi ke Pengadilan Niaga, atau menempuh jalur pidana sebagai upaya hukum terakhir untuk mengatasi permasalahan.

 

Kata Kunci:  Tanggung Gugat, Hak Cipta, Spoiler Film

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI