DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PETANI CABAI HIYUNG DI DESA HIYUNG KECAMATAN TAPIN TENGAH KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:NOOR LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


ABSTRAK

Noor Latifah, 1610413220017, 2022, Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Kelompok Petani Cabai Hiyung Di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Dibimbing oleh Saifudin.

 

Penelitian ini bertujuan untuk Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Petani Cabai Hiyung di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. informan penelitian ialah kepala bidang pembangunan dan pengembangan usaha ekonomi desa, kepala bidang holtikural, penyuluh pertanian, ketua kelompok petani, anggota kelompok tani.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Petani Cabai Hiyung di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin sudah berdaya yaitu dilihat pada indikator sumber daya sudah cukup baik. Infrastruktur sosial ekonomi sudah bagus terlihat sudah adanya pembangunan jalan tani, rumah produksi olahan cabai, dan jalan utama yang sudah diperbaiki. Segi sumber daya alam sudah mendukung aktivitas bertani yaitu tanah subur, lahan luas dan air yang cukup. Indikator pengetahuan dan keterampilan petani sudah cukub baik. Pendidikan formal petani rata-rata lulusan SD. Petani sering melakukan diskusi terkait permasalah pertanian cabai. Petani saling membantu dalam memecahkan masalah sudah baik. Indikator Peluang sudah cukup baik terlihat dari kemampuan kelompok tani menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sehingga dapat membuka peluang untuk menambah pendapatan.

Petani harus lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya mengenai pertanian dan kewirausahaan melalui pendidikan pendidikan normal seperti mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta terkait dunia pertanian dan kewirausahaan.

 

Kata Kunci : Pembedayaan Masyarakat, Kelompok Tani.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI