DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Melakukan IPO Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019
PENGARANG:MINAWATI DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


Dewi (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Melakukan IPO Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Pembimbing : Ali Sadikin, SE, MM.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-fakor yang mempengaruhi tingkat underpricing saham pada perusahaan non-keuangan. Faktor- faktor tersebut yaitu return on asset, financial leverage, reputasi underwriter dan ukuran perusahaan.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga didapatkan 78 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on asset, financial leverage dan reputasi underwriter berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat underpricing. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat underpricing.

 

Kata kunci: Return on asset, financial leverage, reputasi underwriter, ukuran perusahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI