DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pengembangaan Sikap Tanggung Jawab Sosial Siswa Di SMA N 1 KOTABARU
PENGARANG:Wanda Yustryana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


 

Yustryana Wanda. 2022. Implementasi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pengembangaan Sikap Sosial Tanggung Jawab Siswa Di SMAN 1 Kotabaru. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkura. Pembimbing (I) Sarbaini (II) Mariatul Kiptiah.

 

Kata Kunci : Sikap Sosial, Tanggung Jawab dan Implementasi Guru

 

Penelitian ini bertujuan mengenai deskripsikan dan menganalisis: 1)gambaran sikap tanggung jawab siswa, 2)perencanaan guru,  3)pelaksanaan, dan 4)evaluasi dari pengimplementasian dalam pengembangan siswa di SMA Negeri 1 Kotabaru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti dalam menentukan informan dengan sampling purposive. Data di kumpulkan  menggunakanteknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data melalui tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian yang didapat pada SMAN 1 Kotabaru : (1)Gambaran sikap tanggung jawab siswa – siswi sudah menerapkan sikap tanggung jawab sosial(2) perencanaan yang dilaksanakan kepada guru PPKn ketika menerapkan tanggung jawab sosial yaitu mempersiapkan siswa agar selalu mempunyai rasa sosial terhadap guru maupun teman dikelas,   juga guru memberi arahan atau diskusi terhadap siswa agar memiliki tanggung jawab sosial. (3) pelaksanaan yang guru lakukan dalam pengembangan sikap tanggung jawab Sosial yaitu dengan melakukan kegiatan positif untuk saling melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk oran-orang di sekitar. (4) evaluasi yang perlu dilaksanakan guru yaitu  harus  memiliki rasa tanggung jawab sosial agar tidak ada kesenjangan dilingkungan sekolah.

Berdasarkan pernyataan, penelitian ini disarankan pada guru, alangkah baiknya menyiapkan dengan lebih baik lagi dalam implementasi perencanaan pembelajaran yang memuat nilai social responsibility agar membuat kegiatan belajar lebih menarik dan juga meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Selain itu para guru harus mengimplementasikan sikap social responsibility untuk teladan para siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI