DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN ORGANISASI MAHASISWA IMPAS-B FKIP ULM DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA
PENGARANG:NOVI YANTI SIMANJUNTAK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


ABSTRAK

Novi Yanti Simanjuntak, 2022. Peran Organisasi Mahasiswa IMPAS-B FKIP ULM Dalam Melestarikan Lingkungan Sebagai Wujud Tanggung Jawab Warga Negara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu, Pembimbing (II) Harpani Matnuh.

             Kata Kunci: Peran, IMPAS-B, Lingkungan, Tanggung Jawab Warga Negara

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah peran IMPAS-B dalam melestarikan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran IMPAS-B sebagai wadah pendidikan lingkungan, peran IMPAS-B melakukan aksi pelestarian lingkungan, dan kendala IMPAS-B dalam melaksanakan pelestarian lingkungan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapat tentang peran IMPAS-B: (1) IMPAS-B meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan anggota melalui berbagai aksi kegiatan. Kegiatan itu meliputi pendidikan wajib anggota dan berbagai kegiatan yang bersinggungan dengan alam. (2) Aksi pelestarian lingkungan yang dilakukan IMPAS-B yaitu penanaman pohon, pembagian bibit pohon, aksi bersih-bersih kampus, dan aksi sosial seperti aksi sidak sedotan dan aksi bagi botol tumbler. Aksi pelestarian lingkungan di IMPAS-B ada yang termasuk program kerja rutin, tahunan, insidentil, dan aksi gabungan yang dilakukan bersama Mapala. (3) Kendala IMPAS-B dalam melaksanakan pelestarian lingkungan yaitu kepengurusan yang kurang optimal, keterbatasan anggota, keterbatasan waktu, dan keterbatasan dana.

            Disarankan IMPAS-B untuk meningkatkan pendidikan lingkungan dengan menghadirkan pakar di bidang lingkungan dalam menyampaikan materi untuk menambah wawasan anggota. IMPAS-B juga harus bekerja sama dengan instansi-instansi yang terkait dengan bidang lingkungan. Program kerja dan kegiatan pelestarian lingkungan harus lebih diperbanyak. Kepengurusan juga harus lebih berperan aktif melaksanakan tanggung jawabnya di IMPAS-B dan lebih meminimalisir kendala akibat keterbatasan anggota, waktu, dan dana.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI