DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PUSKESMAS KAYUTANGI BANJARMASIN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA PADA MASYARAKAT
PENGARANG:RITA SUWARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


ABSTRAK

 

Rita Suwarni, 1610413320034, 2022 Upaya Puskesmas Kayutangi Banjarmasin Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Masyarakat, Dibimbing oleh Dr. H. Samahuddin Muharram, M,Si

Pelayanan di bidang kesehatan merupakan bentuk konteks pelayanan publik dan mutlak dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah. Agar pelayanan kesehatan dapat mencapai tujuan yang di inginkan maka pelayanan harus memenuhi berbagai syarat. maka akan memberikan kepuasan yang berdampak terhadap keinginan pasien untuk kembali kepada institusi yang memberikan pelayanan kesehatan yang efektif.Salah satu sarana yang dapat menunjang terwujudnya penyelenggaraan pelayanan kesehatan yaitu melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS).Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan dasar yang sangat penting di Indonesia.

Puskesmas kayutangi Banjarmasin melayani sekitar 100 sampai 150 pasien setiap harinya, baik yang berobat maupun yang datang  dengan keperluan lainnya. Pelayanan yang diberikan tetap konsisten menggunakan nomor antrian dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Kecepatan pelayanan yang diberikan pegawai kepada pasiennya cukup memuaskan dan sesuai harapan masyarakat.

Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Kayutangi Banjarmasin terletak di jalan Cemara Raya No.147, Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analisis.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni melalui proses wawancara mendalam kepada beberapa informan serta dari sumber-sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Kemudian data yang diproleh akan direduksi berdasarkan keperluan serta disimpulkan untuk disajikan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, upaya Puskesmas Kayutangi Banjarmasin dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat yaitu: 1) meningkatkan mutu pelayanan, 2) standar pelayanan, 3) profesional dalam pelayanan, 4) kemampuan dan kecepatan dalam membeikan pelayanan. Sedangkan faktor kendala Puskesmas Kayutangi Banjarmasin dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat yaitu sarana dan prasarana.

 

Kata Kunci: Upaya, Pelayanan Prima, Kendala

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI