DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISA KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PARKIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RATU ZALECHA
PENGARANG:MUHAMMAD DWIKI AZZANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-18


 

M D Azzana1 & Muhammad Arsyad2

Program Studi Teknik Sipil Universitas Lambung Mangkurat

Jl. Jenderel Achmad Yani km. 35,5 Banjarbaru, Kalimantan Selatan-70714

Email: azzanaken123@gmail.com1emarsyad@ulm.ac.id2

 

ABSTRAK

            Pertumbuhan penduduk di Indonesia semakin meningkat sehingga kebutuhan penanganan kesehatan juga semakin meningkat. Dengan meningkatnya pertumbuhan ini maka fasilitas kesehatan juga harus ditingkatkan, seperti halnya Kota Martapura telah memiliki berbagai fasilitas kesehatan. Salah satu nya Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha. Dengan meningkatnya kebutuhan kesehatan maka fasilitas parkir harus ditingkatkan juga. Solusi untuk meminimalisir masalah ini maka dapat di lakukan analisa parkir pada areal tersebut. Hal yang butuh dianalisa adalah karakteristk parkir, kebutuhan parkir, forecasting parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik parkir, kebutuhan dan forecasting parkir pada Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha.              

Metode yang dilakukan pada penelitian ini yakni melakukan survey di lapangan selama 2 hari yakni pada hari selasa dan sabtu, untuk mendapatkan jumlah kendaraan yang parkir serta mencatat plat nomor kendaraan yang masuk maupun keluar.

Dari hasil penelitian  dapat menghasilkan volume tertinggi Sepeda Motor   sebesar 424 kendaraan dan Mobil  sebesar 152 kendaraan, akumulasi Sepeda Motor   tertinggi 134 dan Mobil  sebesar 48 kendaraan. Durasi parkir Sepeda Motor   tertinggi sebesar 4,794 jam/kendaraan dan Mobil tertinggi sebesar 4,939 jam/kendaraan.

 

Kata kunci : Karakteristik Parkir, Kebutuhan Parkir, Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI