DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COMMUNICATION DAN COLLABORATION (4C) SEBAGAI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI MAN 1 HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:MARIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-19


ABSTRAK

Ma’rifah, 2022. Implementasi Critical Thinking, Creativity, Communication Dan

Collaboration (4C) Sebagai Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran PPKn Di

MAN 1 Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan

Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas

Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini (II) Dian Agus Ruchliyadi.

Kata Kunci: Implementasi, Critical Thinking, Creativity, Communication,

Collaboration, Pembelajaran PPKn.

Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi perencanaan, mendeskripsikan

pelaksanaan dan menganalisis evaluasi 4C sebagai keterampilan abad 21 dalam

pembelajaran PPKn di MAN 1 Hulu Sungai Tengah.

Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan

cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Metode analisis data yakni

reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan-kesimpulan. Pengujian keabsahan

data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan

menggunakan bahan referensi.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran PPKn dalam

mengimplementasikan 4C berupa pembuatan silabus, RPP, materi, media dan lembar

penilaian. 2) Pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam mengimplementasikan 4C berjalan

sesuai indikator penerapannya. Kendala guru maupun peserta didik yaitu kurangnya

aspek creativity dan communication. 3) Evaluasi pembelajaran yang guru rencanakan

pada RPP kemudian di laksanakan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan

minat belajar peserta didik sehingga memberikan hasil yang baik dalam sikap,

pengetahuan dan keterampilan.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk perencanaan pembelajaran

sebaiknya dilengkapi dengan LKPD, pelaksanaan pembelajaran hendaknya menggunakan

strategi penerapan creativity dan communication serta evaluasi pembelajaran agar semua

pihak saling bekerja sama sehingga mampu memotivasi siswa dalam mata pelajaran

PPKn terus mendapat hasil yang optimal sesuai prinsip-prinsip pembelajaran abad 21.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI