DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COMMUNICATION DAN COLLABORATION (4C) SEBAGAI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI MAN 1 HULU SUNGAI TENGAH | |
PENGARANG | : | MARIFAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-01-19 |
ABSTRAK
Ma’rifah, 2022. Implementasi Critical Thinking, Creativity, Communication Dan
Collaboration (4C) Sebagai Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran PPKn Di
MAN 1 Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan
Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas
Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini (II) Dian Agus Ruchliyadi.
Kata Kunci: Implementasi, Critical Thinking, Creativity, Communication,
Collaboration, Pembelajaran PPKn.
Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi perencanaan, mendeskripsikan
pelaksanaan dan menganalisis evaluasi 4C sebagai keterampilan abad 21 dalam
pembelajaran PPKn di MAN 1 Hulu Sungai Tengah.
Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan
cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Metode analisis data yakni
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan-kesimpulan. Pengujian keabsahan
data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan
menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran PPKn dalam
mengimplementasikan 4C berupa pembuatan silabus, RPP, materi, media dan lembar
penilaian. 2) Pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam mengimplementasikan 4C berjalan
sesuai indikator penerapannya. Kendala guru maupun peserta didik yaitu kurangnya
aspek creativity dan communication. 3) Evaluasi pembelajaran yang guru rencanakan
pada RPP kemudian di laksanakan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan
minat belajar peserta didik sehingga memberikan hasil yang baik dalam sikap,
pengetahuan dan keterampilan.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk perencanaan pembelajaran
sebaiknya dilengkapi dengan LKPD, pelaksanaan pembelajaran hendaknya menggunakan
strategi penerapan creativity dan communication serta evaluasi pembelajaran agar semua
pihak saling bekerja sama sehingga mampu memotivasi siswa dalam mata pelajaran
PPKn terus mendapat hasil yang optimal sesuai prinsip-prinsip pembelajaran abad 21.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI