DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM AKTIVITAS BARISAN PEMADAM KEBAKARAN DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-19


ABSTRAK

Muhammad Randi, 2022. Analisis Nilai Karakter dalam Aktivitas Barisan Pemadam Kebakaran di Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini, Pembimbing (II) Heru Puji Winarso.

Kata Kunci : analisis, nilai, karakter, aktivitas, barisan pemadam kebakaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai karakter dan apa saja faktor pendukung serta penghambat terbentuknya nilai karakter dalam aktivitas barisan pemadam kebakaran di Kota Banjarmasin. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukan adanya beberapa nilai karakter yang muncul dalam aktivitas barisan pemadam kebakaran yaitu, nilai karakter kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, dan peduli sosial. Kemudian faktor pendukung munculnya nilai karakter dalam aktivitas barisan pemadam kebakaran adalah adanya perasaan antusias subjek terhadap pemadam kebakaran, kebiasaan turun-temurun, dan juga hobi. Sedangkan faktor penghambat munculnya nilai karakter adalah masih banyak diantara anggota barisan pemadam kebakaran yang melanggar peraturan daerah yang dibuat dikarenakan rasa ingin menolong mereka yang tinggi dan pada akhirnya memunculkan perilaku tidak disiplin.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kelompok barisan pemadam kebakaran agar meningkatkan keterampilan mengemudi, disiplin dalam aturan serta tetap tenang saat menuju lokasi kebakaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI