DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMPN 27 BANJARMASIN
PENGARANG:NAZIA AURA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-19


Nazia Aura, 2022. Implementasi Model Pembelajaran Blended learning Untuk Meningkatkan Civic knowledge Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas VIII SMPN 27 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Fatimah Pembimbing (II) Dian Agus Ruchliyadi.

Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Blended learning dan Civic  knowledge

 

SMPN 27 Banjarmasin merupakan salah satu sekolah yang mengubah kegiatan pembelajaran menjadi pembelajaran secara daring serta luring sesuai dengan kebijakan pemerintah dari dampak covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta hasil yang didapatkan dari implementasi model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan civic knowledge siswa dalam pembelajaran PPKn.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumen

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning di SMPN 27 Banjarmasin dapat dilaksanakan dengan hasil yang efektif dan baik. Guru dan siswa merasa terbantu dengan adanya penerapan pembelajaran tatap muka terbatas dengan memadukan secara online melalui blended learning untuk meningkatkan civic knowledge siswa dalam pembelajaran PPKn. Model pembelajaran blended learning diperlukan perencanaan melalui RPP, pelaksanaan pembelajaran melalui proses daring dan luring, serta  hasil evaluasi  dilakukan secara tatap muka terbatas di sekolah dengan jadwal 1x pertemuan dalam seminggu dengan melihat hasil penilaian aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan civic knowledge siswa dalam pembelajaran PPKn sudah berjalan lancar dan efektif untuk diterapkan pada saat pandemi covid-19. Disarankan bagi guru dan sekolah maupun siswa agar kembali memperkuat upaya yang bisa melancarkannya dalam proses pembelajaran model blended learning untuk meningkatkan civic knowledge siswa dengan maksimal dan dapat ditingkatkan maupun diperbaiki, agar terciptanya keberhasilan dari model pembelajaran blended learning yang bisa bersifat efektif serta dapat berhasil diterapkan baik saat ini maupun seterusnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI