DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEDAGANG JAGUNG MANIS DI DESA PANDAHAN KABUPATEN TANAH LAUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NORBAITI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Norbaiti, 2022. Pedagang Jagung Manis di Desa Pandahan Kabupaten Tanah Laut sebagai Sumber Belajar IPS. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 2022. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. Pembimbing (II) Dr. Syaharuddin, M.A

 

Kata Kunci: Pedagang Jagung; Sumber Belajar IPS

Pedagang jagung manis di Desa Pandahan berlokasi di sepanjang kiri dan kanan jalan raya dan mayoritas pekerjanya adalah kaum perempuan. Pedagang jagung di Desa Pandahan dapat diintegrasikan sebagai sumber pembelajaran IPS, agar siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang produksi, distribusi dan konsumsi secara teoritis, tetapi dapat memahami dan mendukung pemahaman konsep produksi, distribusi, dan konsumsi yang terkandung dalam kegiatan pedagang jagung manis di Desa Pandahan.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi jagung manis di Desa Pandahan Kabupaten Tanah Laut sebagai sumber belajar IPS. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. 

Hasil penelitian menggambarkan bahwa pada pedagang jagung di Desa Pandahan terdiri atas kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Jagung manis didapatkan pedagang dari agen dengan sistem non tunai dan produksi jagung manis rebus dilakukan dengan berbagai tahapan. Distribusi jagung di Desa Pandahan memiliki saluran distribusi dari produsen-agen-pengecer-konsumen. Pelaku konsumsi jagung dilakukan oleh pengguna jalan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Barang dagangan yang dijual pedagang jagung di Desa Pandahan meliputi jagung mentah, jagung rebus, dan aneka buah-buahan lokal. Pedagang jagung manis di Desa Pandahan dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar belajar IPS, karena bisa dikaitkan ke dalam beberapa materi pembelajaran IPS di kelas VII. Materi terkait yang dapat digunakan adalah materi kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI