DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pemilihan Alat Berat Pada Pekerjaan Galian dan Timbunan Proyek Pembangunan Jalan Angkut Batubara PT Tri Oetama Persada
PENGARANG:SHERINA SRINAJMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


ABSTRAK

Pada pelaksanaan proyek konstruksi, keterlambatan proyek seringkali terjadi sehingga menyebabkan berbagai bentuk kerugian bagi penyedia jasa dan pengguna jasa. Oleh sebab itu sumber daya manusia dan alat-alat berat yang digunakan dalam proses pengerjaan sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu proyek. Jumlah dan waktu pengoperasian yang efisien dari alat berat adalah jumlah dan durasi dimana dapat menghasilkan biaya yang murah dan waktu yang sesuai dengan target. Oleh sebab itu, pada Pekerjaan Galian dan Timbunan Proyek Jalan Angkut Batubara PT Tri Oetama Persada (STA 40+000 – STA 38+000) perlu dilakukan analisis pemilihan alat berat yang tepat untuk mendapatkan alternatif yang paling optimum dalam segi waktu dan biaya.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian diantaranya pengumpulan data-data yang didapat dari PT Meratus Borneo Sakti sebagai kontraktor atau pelaksana Pekerjaan Galian dan Timbunan Proyek Pembangunan Jalan Angkut Batubara PT Triop (STA 40+000 – 38+000), kemudian menghitung produktivitas alat berat yang digunakan yaitu Excavator, Dump Truck, Bulldozer, Motor Grader dan Vibration Roller setelah itu menganalisis beberapa alternatif pemilihan type alat berat yang mana komposisi alatnya juga berbeda. Sehingga dapat menentukan alternatif mana yang paling efisien dalam segi waktu dan biaya.

Hasil analisis berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan produktivitas alat yang digunakan pada Pekerjaan Galian dan Timbunan Proyek Pembangunan Jalan Angkut Batubara PT Tri Oetama Persada (STA 40+000 – 38+000) nilai produktivitas Excavator yaitu 158,4 m3/jam, Dump Truck yaitu 180 m3/jam, Bulldozer yaitu 264,98 m3/jam, Vibration Roller yaitu 511,2 m3/jam, dan pada Motor Grader 15660 m3/jam. Berdasarkan pada hasil dan rekapitulasi perbandingan alternatif alat berat, kesimpulan yang didapat adalah pemilihan alat berat yang direkomdasikan untuk Pekerjaan Galian dan Timbunan Proyek Pembangunan Jalan Angkut Batubara PT Tri Oetama Persada (STA 40+000 – 38+000) ataupun untuk proyek serupa adalah kombinasi alternatif 2 yang menggunakan 2 unit Excavator, 2 unit Dump Truck, 1 unit Bulldozer, 1 unit Vibration Roller, 1 unit Motor Grader, karena pada alternatif 2 memiliki selisih waktu kerja dan biaya yang paling efisien (optimum) dibandingkan alternatif 1 dan 3. Pada analisis alternatif 2, durasi kerja alat sebesar 1.355 jam dengan biaya total yang dibutuhkan sebesar Rp. 1.040.098.000.

Kata Kunci: alat berat, pemilihan, produktivitas, biaya, waktu, alternatif, optimum

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI