DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI DI KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:LYDIA LASPRITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Perilaku sosial suatu hubungan yang dilakukan masyarakat dengan lingkungannya, sehingga perilaku sosial yaitu respon dan menanggapi orang lain dengan cara yang berbeda-beda. Perilaku sosial terjadi dilingkungan Kelurahan Banua Anyar yang menimbulkan masyarakat bantaran terjadinya perilaku sosial seperti rutin keagamaan, membuang sampah dan limbah langsung ke sungai, masyarakat masih memanfaatkan air sungai untuk MCK, dan adanya keramba di lingkungan sungai. Pada pembelajaran IPS perilaku sosial masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar membahas hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari masyarakat dan dihadapkan pada berbagai permasalahan di lingkungan sekitarnya.

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan gambaran umum di wilayah bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar (2) Mendeskripsikan bagaimana perilaku sosial masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar (3) Mendeskripsikan perilaku sosial masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptifdengan mendeskripsikan gambaran umum wilayah bantaran sungai, Mendeskripsikan bagaimana perilaku sosial masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar, dan mendeskripsikan keterkaitan perilaku sosial masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi (sumber, teknik, waktu).

Berdasarkan hasil penelitian: (1) Gambaran wilayah bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar yaitu padatnya tempat tinggal penduduk masyarakat bantaran sungai sehingga bangunan rumah satu dengan lainnya tidak ada jarak yang memisahkan dan sebagian tidak mempunyai halaman rumah (2) Perilaku sosial masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Banua Anyar terdapat empat bentuk perilaku sosial dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Banua Anyar. (3)Perilaku Sosial Bantaran Sungai di Kelurahan Banua Anyar terdapat empat bentuk perilaku sosial yang dapat dijadikan sumber belajar IPS kelas VII pada Bab I Manusia, Tempat, dan Lingkungan, dan pada Bab II Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial dengan tujuan agar peserta didik dapat mengetahui informasi dan memanfaatkan lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI