DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI WARGA NEGARA MUDA DALAM KAJIAN KEWARNEGARAAN EKOLOGIS PADA SISWA SMAN 1 DANAU PANGGANG KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:FAISAL FAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakteristik kepedulian lingkungan anak muda dalam kajian kewargaan ekologis siswa Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kecamatan Danau Panggang, SMA Negeri 1 Danau Panggang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah secara kualitatif dan deskriptif, sehingga menghasilkan komentar dan penjelasan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam membangun sikap dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Warga Negara Muda Dalam Kajian Kewarnegaraan Penelitian ekologi siswa SMA Negeri 1 Danau Panggang dapat dikategorikan menjadi tiga pilar pendidikan. (1). Pembinaan Karakter (2). Keteladanan Karakter Dan (3). Fasilitas Penunjang Karakter. Dalam Membangun Sikap Dan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pembinaan Karakter dapat dilihat dari proses belajar mengajar. Keteladanan karakter ini dicapai melalui kegiatan rutin, kepala sekolah teladan dan dewan guru, kerja sukarela dan kondisi lingkungan. Sarana penunjang karakter dapat dilihat pada sarana prasarana sekolah.

Saran yang dapat diberikan dalam mengatasi hambatan untuk membangun karakter peduli lingkungan siswa. (1). Siswa harus mampu lawan kemalasan dengan melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah tanpa menunggu gurumu memberitahumu (2). Orang tua memberikan dukungan dengan mempraktekkan nilai-nilai lingkungan di rumah, dan guru serta sekolah yaitu guru, mempraktekkan, mengaplikasikan dan menerapkan sikap, nilai dan karakter yang mendukung nilai lingkungan. Lakukan saat Anda sedang belajar atau di luar kelas. Selama berjam-jam, orang tua berusaha untuk tetap mengontrol lingkungan dan fokus berkomunikasi dengan anak tentang lingkungan rumah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI