DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI DESA BANUA LAWAS KECEMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:SELFINA YULANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Kata Kunci : Peran Pemerintah Desa, Memberdayakan Masyarakat, Kesejahteraan

Dampak dari banyaknya pengangguran dimana-mana karena tidak memiliki potensi diri yang memadai dan faktor latar belakang pendidikan yang rendah maka dapat menyebabkan kemiskinan yang tidak dapat di elakkan lagi dengan tingginya pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Desa memiliki peranan yang cukup penting dalam memberikan pelayanan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, pemberdayaan masyarakat sendiri merupakan upaya untuk memandirikan masyarakat melalui perwujudan potensi kemampuan yang mereka miliki.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pengujian keabsahan data menggunakan trianguasi teknik, trianggilasi sumber dan trianggulasi waktu.

Berdasarkan hasil penelitian ini,peran Pemerintahan Desa dalam memberdayakan masyarakat merupakan salah satu bentuk upaya dari Pemerintah Desa Banua Lawas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelatihan keterampilan mengemudi bagi kaum laki-laki dan keterampilan membuat kue bagi kaum perempuan. Ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat seperti antusias mayarakat dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan adapun faktor penghambat seperti anggaran dana yang terbilang minim sehingga fasilitas yang disediakan kurang memadai. Walaupun ada kendala yang terjadi hal tersebut tetap berjalan dengan lancar, dapat dilihat dari peningkatan keterampilan yang dimiliki masyarakat sehingga memiliki bekal keterampilan sebagai penunjang penciptaan lapangan pekerjaan yang akan menjadi mata pencaharian untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI