DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBINAAN ETIKA SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AHBAABUL MUSTHOFA SIMPANG EMPAT SUNGAI BARU KECAMATAN JORONG KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ENDAH SETIYANI DELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


ABSTRAK

Endah Setiyani Della, 2022. Pembinaan Etika Sopan Santun Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini, Pembimbing (II) Rabiatul Adawiah.

Kata Kunci : Pembinaan, Etika Sopan Santun, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Dalam membentuk perilaku siswa dipengaruhi oleh budaya sekolah, terkadang guru mengalami kesulitan dalam menanamkan nilai-nilai atau aturan yang ada di sekolah, baik itu terdapat dalam tata tertib sekolah maupun yang tertuang dalam visi misi sekolah.

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa siswa di Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa yang melanggar etika sopan santun. Mata pelajaran PPKn diperlukan sebagai upaya pembinaan etika sopan santun di Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, untuk penentuan informan digunakan teknik Purposive Sampling yaitu penentuan sumber data  informan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembinaan etika dan sopan santun di Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa telah dilaksanakan melalui pembelajaran PPKn dengan cara memberikan pembinaan saat pembelajaran di kelas; (2) Faktor pendukung dari proses pembinaan etika sopan santun melalui pembelajaran PPKn adalah orangtua siswa, kepala sekolah, dewan guru dan siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor lingkungan dan kurangnya pemahaman siswa terhadap etika sopan santun.

Dari hasil penelitian ini disarankan agar pembinaan etika sopan santun melalui pembelajaran PPKn Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa terus ditingkatkan sehingga terbentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia, saling menghargai orangtua, guru dan sesama teman sebaya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI