DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN KONSEP DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI DESA BASARANG
PENGARANG:NUR AUDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Nur Audina. 2022. Pengaruh Dukungan  Keluarga Dan Konsep Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Di Desa Basarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. (Pembimbing Skripsi: Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM)

 

Dukungan orangtua penting karena dapat membuat anak bisa termotivasi dan memiliki minat dalam berusaha sendiri. Namun selama ini orangtua siswa di Desa Basarang yang   anaknya bersekolah di SMK  kurang memberikan dorongan kepada anak dalam berwirausaha. Selain itu dari  konsep diri siswa itu sendiri masih kurang karena mereka masakan masih kurang berminat dalam menekuni usaha wirausaha baik dari orangtuanya maupun dari melihat usaha sendiri oranglain. Selain itu saat diwawancarai mereka tidak adalah keyakinan dalam diri mereka untuk membuka usaha sendiri. Mereka merasakan modal dari diri sendiri dan dari pencapaian yang diinginkan kurang bagi mereka. Hal ini berakibat pada konsep diri mereka dalam memahami dunia wirausaha masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh dukungan  keluarga dan konsep diri terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Desa Basarang.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kueisoner. Populasi berjumlah 89 orang dengan teknik Teknik total sampling, sampel sebanyak 89 orang siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dukungan  keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Desa Basarang dengan hasil bahwa T hitung 3.154 dan Signifikansi sebesar 0,002  < 0,05. Ada pengaruh konsep diri terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Desa Basarang dengan hasil T hitung 4.981 dan Signifikansi sebesar 0,000. Ada pengaruh dukungan  keluarga dan konsep diri terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Desa Basarang dengan hasil uji F dengan taraf signifikansi F sebesar  0,000 < sig = 0,05 atau F hitung sebesar 13.736 lebih besar dari F tabel  3,12.

 

Kata Kunci: Dukungan  Keluarga,  Konsep Diri, Minat Berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI