DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SENI (KREATIVITAS) ANAK DALAM MENGGAMBAR MELALUI MODEL HIGH SCOPE, METODE BERCERITA DAN PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK BUNGA BANGSA KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:Anita Rahmadiyanti Ulfah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


ABSTRAK

Ulfah, Anita Rahmadiyanti. 2022. Mengembangkan Seni (Kreativitas) Anak Dalam Menggambar Melalui Model High Scope, Metode Bercerita dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B di TK Bunga Bangsa Kabupaten Tabalong. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik M.Pd.

 

Kata Kunci: Kreativitas, Aktivitas, Menggambar berdasarkan garis, warna dan bentuk, model high scope.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan seni anak pada anak kelompok B di TK Bunga Bangsa dalam menggambar. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan satu arah, pembelajaran kurang menarik, anak yang kurang dilibatkan aktif dalam pembelajaran, pembelajaran yang berulang setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kreativitas anak. 

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Bunga Bangsa Kabupaten Tabalong yang berjumlah 20 orang anak (10 laki-laki dan 10 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik. Aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase 100% kategori sangat aktif dan hasil perkembangan minimal 80% dan mencapai nilai bintang 3 dan 4. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aktivitas guru pertemuan ke-1 dengan skor 19 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 23 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-4 dengan skor 26 dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas Anak pertemuan ke-1 dengan persentase 30% kategori “kurang aktif”, pertemuan ke-2 dengan persentase 50% kategori “cukup aktif”, pertemuan ke-3 dengan persentase 100% kategori “sangat aktif”. Hasil perkembangan kreativitas seni anak pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan (BSH) dan (BSB). 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwai model high scope, metode bercerita dan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI