DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CAMPURAN (BLENDED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SRI RAHAYU SAVITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Penerapan adalah suatu perbuatan mempraktekan suatu teori, metode dan 

hal lain untuk mencapai tujuan tertentu. Blended Learning merupakan model 

pembelajaran yang menggabungkan tatap muka dengan model pembelajaran 

berbasis online atau E-learning menjadi media yang memiliki peran penting 

dalam proses kegiatan belajar mengajar. Di Sekolah SMAN 3 Banjarmasin pada 

saat ini menggunakan model pembelajaran blended learning, dalam proses 

pembelajaran tentu mempunyai beberapa kendala dari sistem pelaksanaan 

pembelajaran, penerapaan pembelajaran, serta evaluasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap persiapan, pelaksanaan, 

dan evaluasi dalam penerapan model blended learning pada pembelajaran PPKn 

di SMAN 3 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif dengan metode 

deskriptif. Alasan menggunakan metode ini karena diinginkan pemaknaan yang 

lebih mendalam, dan deskripsikan permasalahan yang berupa kata-kata, 

gambaran, dan tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, 

melainkan dalam bentuk kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model blended learning 

pada pembelajaran PPKn di SMAN 3 Banjarmasin terlaksanakan dengan baik 

dan hasil yang efektif. Dalam penerapan penggunaan model blended learning 

pada pembelajaran PPKn di SMAN 3 Banjarmasin diperlukan persiapan 

melalui RPP, pelaksanaan dilakukan saat daring dan luring selanjutnya evaluasi

penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan guru secara 

daring dan luring sesuai dengan metode blended learning yang digunakan guru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI