DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kepuasan Pemilik Proyek Terhadap Kinerja Konsultan Pengawas Pada Proyek Konstruksi Jalan Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Banjarbaru
PENGARANG:RUSNA APRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Seiring dengan mewabahnya penyakit Covid-19, Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan pengalihan sebagian besar dana APBD untuk penangan covid-19 (Refocusing) termasuk dana untuk pelaksanaan infrastruktur jalan di tahun 2020 berlanjut s.d. 2021. Untuk efesiensi hal tersebut, maka kebijakan yang diambil yaitu menggabungkan beberapa ruas jalan pada paket berbeda menjadi satu dengan paket konsultan pengawas yang sama. Berdasarkan data, konsultan pengawasan sebagian besar berdomisili diluar Kota Banjarbaru. Selain itu ditinjau dari lokasi pekerjaan yang diawasi, paket-paket pekerjaan konstruksi berjarak cukup jauh satu sama lain. Pada kondisi pendemi Covid-19, Kota Banjarbaru ikut serta menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan melakukan penyekatan di beberapa titik masuk kota. Dengan adanya pembatasan tesebut, komunikasi antara konsultan pengawas dan pemilik proyek selama pelaksanaan kerja kurang efektif karena lebih banyak dilaksanakan secara online sehingga berpengaruh pada kinerja sebagian besar konsultan pengawas. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisa terkait kepuasan pemilik pekerjaan terhadap kinerja konsultan pengawas pada konstruksi infrastruktur jalan di Kota Banjarbaru terutama di era Covid19 ini. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer yang didapat melalui kuesioner sampel narasumber pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Banjarbaru Bidang Cipta Karya dan Bina Marga. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 20.00 (Statisticl Product and Service Solution). Untuk menentukan tingkat kepuasan partisipan digunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), sedangkan untuk menentukan faktor-faktor pelayanan yang perlu ditingkatkan digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil jawaban responden terhadap kuesioner, kemudian akan dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Variabel yang berada di zona A atau prioritas utama akan menjadi fokus penentuan strategi peningkatan kinerja konsultan pengawas. Berdasarkan analisis terhadap 3 indikator dengan tingkat kepuasan sebagai berikut: Indikator Administrasi sebersar 68,84% (Puas), Indikator Indikator Pengawasan sebersar 74,81% (Puas), Indikator Kemampuan sebersar 73,78% (Puas). Berdasarkan hasil analisis faktor dominan dalam peningkatan kinerja tersebut termasuk dalam kuadran A adalah faktor pelaporan kegiatan kemajuan pekerjaan serta pelaporan hasil kegiatan konsultan pengawas, faktor pengawasan metode kerja pelaksanaan konstruksi selama covid 19, faktor kemampuan untuk dapat hadir ditengah kebijakanpemerintah memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan faktor kemampuan komunikasi dan koordinasi dengan pihak pemilik proyek dengan meminimalkan kontak langsung (Virtual).

Kata Kunci: Konsultan Pengawas, Customer Santisfation Index, Importance Performance Analysis 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI