DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ADVERSITY QUOTIENT SEBAGAI PERANTARA PADA PENGARUH PERSEPSI DAN PENGELOLAAN EMOSI ORANG TUA TERHADAP KEKERASAN VERBAL PADA ANAK USIA DINI DI GUGUS 3 KECAMATAN DAHA UTARA
PENGARANG:ASMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


ABSTRAK

 

 

Asmah. 2023. Adversity Qoutient sebagai Perantara pada Pengaruh Persepsi dan Pengelolaan Emosi Orang Tua Terhadap Kekerasan Verbal pada Anak Usia Dini di Gugus 3 Kecamatan Daha Utara. Tesis Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D dan (2) Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

 

 

Kata Kunci; Persepsi Orang Tua, Pengelolaan Emosi, Adversity Quotient, Kekerasan Verbal

 

 

Kekerasan verbal yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak disebabkan oleh ketidaktahuan orang tua tentang dampak buruk dari kekerasan verbal, mereka menganggap hal itu wajar dilakukan untuk mendisiplinkan anak. Selain itu orang tua yang tidak sabar dan kurang mamapu mengelola emosi dengan baik akan mudah melampiaskan amarah kepada anak. Situasi sulit dan beban yang berat juga mempengaruhi tindakan seseorang, orang yang tidak mampu menghadapi tantangan dengan baik akan mudah merasa stress dan melampiaskan amarah pada orang yang ada disekitarnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh persepsi dan pengelolaan emosi terhadap kekerasan verbal melalui adversity quotient.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik regresi (regresi research). Populasi penelitian sebanyak 166 orang tua yang tersebar di 6 TK di Gugus 3 Kecamatan Daha Utara dan diambil 117 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di uji validitasnya menggunakan teknik item-total correlation, dan uji reliabilitas menggunakan Teknik Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier, dan analisis jalur.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan persepsi orang tua terhadap kekersrasan verbal pada anak, pengelolaan emosi terhadap kekerasan verbal pada anak, dan adversity quotient terhadap kekerasan verbal pada anak dengan korelasi negative; (2) terdapat pengaruh langsung persepsi terhadap adversity quotient dan pengelolaan emosi terhadap adversity quotient dengan korelasi positif; (3) Terdapat pengaruh tidak langsung persepsi orang tua terhadap kekerasan verbal melalui adversity quotient dan pengelolaan emosi terhadap kekerasan verbal melalui adversity quotient.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada orang tua, guru, dan kepala sekolah agar dapat menjalin kerjasama, bertukar informasi dan pengetahuan tentang bagaimana mendidik anak yang baik tanpa kekerasan, serta melakukan praktik baik sekolah ramah anak dan dikembangkan lagi dengan keluarga ramah anak di rumah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI