DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Inovasi Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin
PENGARANG:Rosa Milania
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Rosa Milania, 1810411620036, 2022. Inovasi Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Di bawah bimbingan Widyakanti.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin serta untuk mengetahui faktor penghambat inovasi pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin  sudah cukup baik dilihat dari dilihat dari 5 (lima) atribut inovasi yaitu Relative Advantage (keuntungan relatif), Copatibility (kesesuaian), Complexity (kerumitan), Trialability (kemungkinan dicoba), dan Observability (kemudahan diamati) bahwa inovasi sudah sesuai dengan 4 (empat) atribut inovasi kecuali 1 (satu) atribut inovasi yaitu Complexity (kerumitan). Dalam penelitian ini juga masih terdapat faktor penghambat yang ditemukan dalam pelaksanaannya yaitu kurangnya informasi pelayanan kepada masyarakat dan jaringan yang terkadang tidak lancar.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin diharapkan bisa lebih lagi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung bukan hanya melalui media sosial/online saja dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin diharapkan dapat menambah SDM di bagian operator.

 

 

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Kartu Identitas Anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI