DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Aplikasi Tiktok Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
PENGARANG:Suci Rizqianingtyas
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-20


Aplikasi tiktok kini mulai merubah kebiasaan hidup setiap penggunanya. Aplikasi tiktok membuat penggunanya menjadikan aplikasi tersebut sebagai media hiburan dengan menonton berbagai konten yang disajikan ataupun mengikuti konten-konten yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas penggunaan aplikasi tiktok dikalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan untuk menemukan faktor penyebab dari penggunaan aplikasi tiktok di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sasaran penelitian adalah mahasiswa dan mahasiswi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian di lakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas penggunaan aplikasi tiktok di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat ada dua aktivitas yang dilakukan yaitu: (a) aktivitas menonton konten, dimana pengguna hanya diam menikmati konten yang ditampilkan. (b) aktivitas membuat konten, pengguna ikut serta dalam pembuatan konten. (2) faktor penyebab penggunaan aplikasi tiktok di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat ada dua faktor yang menyebabkan penggunaan aplikasi tiktok yaitu: (a) faktor internal, yang berasal dari keinginan pengguna (b) faktor eksternal, yang berasal dari lingkungan pertemanan.

            Berdasarkan hasil penelitian disarankanbagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, diharapkan dapat memberikan dukungan kepada mahasiswanya. Pada kegiatan mahasiswa seperti lomba tiktok yang sedang ramai dimaikan saat ini dan kegiatan lainnya. Sehingga mahasiswa bisa lebih berani mengeluarkan minat bakatnya serta bebas berekspresi. Bagi mahasiswa/i agar lebih bisa mengontrol penggunaan aplikasi tiktok. Manfaatkan aplikasi tiktok untuk hal yang lebih baik dan berguna untuk diri sendiri dan orang sekitar.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa melanjutkan penelitian ini dengan pembahasan yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi tiktok pada kehidupan mahasiswa yang terfokus pada interaksi antar pengguna aplikasi tiktok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI