DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PENGEMBANGAN LITERASI DI SEKOLAH STUDI MULTI KASUS PADA SDN 1 BARABAI TIMUR DAN SD IT AL-KHAIR KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:MILIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


ABSTRAK

 Miliyana. 2022. Manajemen Pengembangan Literasi di Sekolah (Studi Multikasus pada SDN 1 Barabai Timur dan SDIT Alkhair Kabupaten Hulu Sungai Tengah) Tesis, Program Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Metroyadi, S.H., M.Pd (II) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 Kata kunci: Manajemen, Literasi, Sekolah

 Tuntutan kebutuhan akan ilmu pengetahuan, menambah luas pengertian literasi pada saat ini. Pengertian literasi telah bergeser dari pengertian yang sempit menuju ke pengertian yang lebih luas, dimana pengertian literasi mencakup berbagai bidang penting lainnya. Faktor yang menyebabkan perkembangan pengertian literasi berawal dari tuntutan perkembangan zaman, yang memerlukan kemampuan yang lebih lagi selain kemampuan dalam membaca dan menulis.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan rancangan studi multikasus dan metode komparatif konstan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut, diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Selesai diperiksa, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas situs.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah memiliki budaya literasi yang baik dan saling bekerjasama antar warga sekolah untuk mencapai tujuan dari gerakan literasi sekolah yang diinginkan, hasil dari kegiatan ini pun berpengaruh besar pada prestasi yang dihasilkan oleh guru dan siswa di sekolah.

Berdasarkan temuan-temuan, disarankan agar: Perencanaan pengembangan litersi di sekolah sebaiknya dilakukan dengan rapat antara kepala sekolah dengan guru-guru beserta staf, Pelaksanaan pengembangan literasi diharapkan dilaksanakan dengan menyesuaikan kebutuhan anak, Monitoring pengembangan literasi diharapkan juga dapat menjadi evaluasi bagi pelaksanaan literasi di sekolah, Tindak lanjut pengembangan literasi di sekolah diharapkan dapat acuan untuk sekolah meningkatkan prestasi baik guru maupun siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI