DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Saluran dan Efisiensi Pemasaran Sapi Bali Siap Potong di Pasar Hewan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:Ilfa Afrilia Arifa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran sapi potong di Pasar Hewan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif melalui wawancara di lapangan menggunakan kuisioner. Penentuan responden dilakukan secara purpose sampling dimana responden terdiri dari  peternak, pedagang dan konsumen akhir sapi potong yang ada di Pasar Hewan Pelaihari. Responden dipilih secara accidental sampling yaitu responden yang ada saat didatangi ke pasar dan bersedia untuk di wawancarai serta memiliki data yang di perlukan. Lembaga pemasaran yang terlibat meliputi peternak, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Analisis data meliputi saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Pasar Hewan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, yaitu : Saluran I terdiri (Peternak - Konsumen), Saluran II (Peternak -  Pedagang besar - Konsumen), dan Saluran III (Peternak - Pedagang pengumpul -Pedagang besar -  Konsumen).  Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I yakni dengan indeks 1. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan lebih kecil dan lembaga yang terlibat lebih sedikit daripada saluran lainnya. Sedangkan saluran II dan III masing - masing dengan nilai indeks 1,7 dan 2,3 dikarenakan lembaga pemasaran yang terlibat lebih banyak sehingga mengeluarkan biaya pemasaran yang besar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI