DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:Nur Kholishoh
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


Berwirausaha merupakan salah satu upaya dalam mendukung perekonomian suatu Negara. Semua Lembaga pendidikan SMK di Banjarmasin khususnya untuk SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin sudah memasukkan pendidikan kewirausahaan kedalam kurikulum dan menjadikannya sebagai mata pelajaran wajib. Namun kenyataannya minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin masih tergolong rendah dengan berbagai macam alas an dan permasalahan yang ada dalam diri mereka masing-masing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatf dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 162 orang siswa dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel probanility sampling dan Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus slovin berjumlah 115 orang siswa. Instrument penelitian menggunakan kuesioner atau angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda.

Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y = 10,512+ 0,710 X1 + 0,339 X2. Berdasarkan hasil sig Pendidikan kewirausahaan (X1) terhadap minat berwirausaha (Y) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 6,120 > t tabel 1,98137 yang berari H1 diterima. Hasil sig Kepribadian (X2) terhadap minat berwirausaha (Y) sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung 6,115 > t tabel 3,08, yang berarti H2 diterima. Dan pengaruh nilai sig  antara pendidikan kewirausahaan (X1) dan Kepribadian (X2) terhadap minat berwirausaha sebesar 0,0005 dan F hitung 103,823 > F tabel 3,08 sehingga H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh antara Pendidikan kewirausahaan (X1) dan kepribadian (X2) terhadap minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 banjarmasin.

Kata kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian, Minat Berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI