DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI KOMBINASI GERAK DASAR PERMAINAN BOLA BESAR SEDERHANA DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPTD SD NEGERI 2 AMBAWANG
PENGARANG:EKO PRASETYO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


Eko Prasetyo., 2022. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Kombinasi Gerak Dasar Permainan Bola Besar Sederhana Dengan Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 2 Ambawang. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Jasmani. Program  Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama (I) Dr. Mashud, S.Pd., M.PdPembimbing Pendamping (II) Dr. Herita Warni, M.Pd

Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi, Kombinasi Gerak Dasar, Pendekatan Bermain.

 Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kolaborasi danhasil belajar kombinasi gerak dasar  berdasarkan data observasi peserta didikkelasVUPTD SD Negeri 2 Ambawang.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilan kolaborasi dan hasil belajar materi kombinasi gerak dasar permaianan bola besar sederhana dengan pendekatan bermain.

JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Subjek  penelitianadalahpeserta didik kelas V UPTD SD Negeri 2 Ambawangyangberjumlah12peserta didikpada  tahun ajaran 2022/2023. Objek penelitian adalah keterampilan kolaborasi dan hasilbelajar kombinasi gerak dasar denganpendekatan bermain.Instrumenyangdigunakan dalam penelitian ini adalah pedoman lembar pengamatan kombinasi gerak dasar dan  keterampilan kolaborasi peserta didik. Analisis data yang digunakan adalahanalisiskuantitatif dankualitatifdeskriptif.

Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarmaterikombinasi gerak dasar permaianan bola besar sederhana dan keterampilankolaborasi UPTD SD Negeri 2 Ambawang. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan nilai rata-rata kondisi awal hasil belajar keterampilan gerak dasar peserta didik yaitu 33.33% siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 50%, serta siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 91,67 %. dan keterampilankolaborasi peserta didik siklus I mengalami peningkatan rata-rata 25.%, sertasiklusII mengalami peningkatan kembali menjadi 83,33%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI