DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANUA PADANG KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:DENKER SANDRA AMICETYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


RINGKASAN

 

 

 

Denker Sandra Amicetya. 2022. Pengaruh Model Cooperative Learning Terhadap Peningkatan Kerjasama Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negeri Banua Padang Kabupaten Tapin

Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Jasmani. Program  Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama (I) Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd. Pembimbing Pendamping (II) Dr. Herita Warni, M.Pd.

 

 

Kata Kunci : Model pembelajaran, cooperative learning, kerjasama

 

 

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam bekerjasama dengan temannya dalam pembelajaran. Selain itu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani masih banyak berpusat kepada guru (teacher centred) sehingga cenderung monoton

Jenis Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek  penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Banua Padang Kabupaten Tapin yang berjumlah 17 orang pada  tahun ajaran 2022/2023.

Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning terhadap kerjasama peserta didik di SDN Banua Padang Kabupaten Tapin. Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.. Sampel yang digunkaan dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN Banua Padang kelas VI dengan jumlah 17 orang. Rata-rata (mean) dari test awal yaitu 132,94 dan test akhir dengan skor 138,71. Selanjutnya simpangan baku dari test awal yaitu 13,45 dan simpangan baku untuk tes akhir yaitu 9,66. Kemudian varians dari tes awal yaitu 180,93 dan untuk tes akhir yaitu 93,34. Nilai tengah (median) dari test awal yaitu 137 dan untuk tes akhir yaitu 141. Selanjutnya nilai tertinggi dari tes awal yaitu 153 dan tes awal 153. Sedangkan nilai tertinggi dari tes awal yaitu 101 dan untuk tes akhir yaitu 122 sehingga terlihat terjadi peningkatan dalam penelitian ini. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning terhadap kerjasama peserta didik di SDN Banua Padang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI