DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT DALAM MENGIKUTI ORGANISASI UKM FKIP MENGAJAR
PENGARANG:EKA NUR HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


ABSTRAK

 

EkaNurHidayah,2022.MotivasiMahasiswaFKIPUniversitasLambungMangkurat dalam Mengikuti Organisasi UKM FKIP Mengajar. SkripsiProgramStudiPendidikanSosiologiJurusanPendidikanIlmuPengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasLambung Mangkurat. Pembimbing (1) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II)RahmatNur.

 

KataKunci:Motivasi,Kebutuhan,Organisasi,PembinaanFKIPMengajar

 

Di Universitas Lambung Mangkurat tepatnya di Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan terdapat berbagai UKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa, salahsatunyayaitu Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP Mengajar (UKM-FM). Penelitianinibertujuan:(1)MenemukanjeniskebutuhanyangmemotivasimahasiswaFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam mengikuti organisasi UKM FKIPmengajar. (2) Menguraikan bentuk aktivitas mahasiswa Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan dalam menjalankan kegiatan atau pembinaan organisasi UKMFKIPMengajar.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber datadipilihdengancarapurposivesampling.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasi,wawancara,dandokumentasi.Analisishasilpenelitianmenggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Penguji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber, tringgulasi teknikdantrianggulasi waktu

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:(1)motivasiataukebutuhanmahasiswa organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP Mengajar terbagi menjaditiga yaitu: (a) kebutuhan berprestasi, yakni mereka sadar bahwa UKM-FM tidakhanya menawarkan cara berorganisasi dilingkungan kampus namun memberikankesempatan untuk anggota dalam hal prestasi dibidang pengajaran. (b) kebutuhanberkuasa,dimanaparaanggotadiberikesempatanuntukmenumbuhkanrasakepemimpinanterhadapdirinyamaupunlingkungansekitarnya.(c)kebutuhanberhubungan sosial, menjadi kebutuhan yang mendasari setiap individu bergabungdi suatu organisasi, menjadi sarana untuk mengenal banyak orang bahkan mitra-mitrayangfokusdibidangpengajaransepertiFGMMIdanIndonesiaMengajar.

(2) bentuk pembinaan atau kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP Mengajarterbagi menjadi dua yaitu: (a) kegiatan personal, bentuk kegiatan atau pembinaanini berfokus pemberian materi kepada anggota yang baru bergabung. (b) kegiatankelompok, cara pembinaan atau kegiatan yang melibatkan masyarakat kampussertamasyarakat luar kampus.

Berdasarkanhasilpenelitian,disarankan:(1)bagimahasiswaanggotaUKM-FM,terusmengasahskillpengajaran.(2)bagipembinaanorganisasiUKM-FM, untuk ditingkatkan lagi performanya karena pembinaan organisasi diUKM-FMberorientasipadapembinaandalamhalmencetakcalon-calonguruprofessionalyangkreatifdan juga inovatif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI