DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN GAYA MENGAJAR SELF CHECK STYLE: SUATU UPAYA MENINGKATKAN KEJUJURAN DAN HASIL BELAJAR KOMBINASI GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V
PENGARANG:ABDUL RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


Abdul Rahman. 2023. Penerapan Gaya Mengajar Self Check Style: Suatu UpayaMeningkatkan Kejujuran dan Hasil Belajar Kombinasi Gerak Dasar Siswa SekolahDasar Kelas V. Pembimbing 1: Dr. Herita Warni, M.Pd. Pembimbing 2: Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd.

 

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar dan kejujuran siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 26 Orang. Instrumen penelitian dibagi dua, yaitu instrumen hasil belajar psikomotorik siswa dan hasil belajar sikap siswa. Instrumen psikomotorik terbagi menjadi dua yaitu; 1) instrument berupa tes kemampuan kombinasi gerak dasar yang meliputi; a) menggiring, b) menendang, dan c) melempar bola. 2) instrument non tes berupa blanko observasi (siswa dan guru) untuk mengamati proses pembelajaran setiap siklus. Instrumen sikap berupa blanko observasi kejujuran siswa. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus prosentase, sedangkan data kualitatif sederhana dianalisis dengan mengumpulkan data, merangkum dan menyajikan. Hasil penelitian siklus satu ke siklus dua terdapat peningkatan yakni hasil belajar siklus I didapatkan nilai psikomotorik  53,85 % kemudian meningkat hasil belajar siswa di siklus II menjadi 81 %. Hasil belajar aspek afektif siklus I diperoleh 46,15 % pada siklus II kemudian meningkat sebesar 77%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran  melalui penerapan gaya mengajar self check style dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar siswa dan kejujuran siswa kelas V SD Negeri Pondok Butun Kecamatan Batulicin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI