DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP
PENGARANG:CHAIRUNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


ABSTRAK

 

Chairunisa.2022.Perangkat Pembelajaran Topik Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP.Tesis.MagisterPendidikanIlmuPengetahuanAlam,Program PascasarjanaUniversitasLambungMangkurat.

Pembimbing:(I)Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd.

(II)Dr. Drs. Rahmat Yunus, M.Si

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan perangkat pembelajaran topik sistem pencernaan manusia menggunakan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP.Penelitian pengembangan ini menggunakan formative evaluation Tessmer, meliputi self evaluation, expert review (3 pakar), one to one evaluation (3 peserta didik), small group test (4 peserta didik), dan field test (10 peserta didik).Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran termasuk valid, karena hasil validasi silabus, RPP, materi ajar, LKPD, dan tes berpikir kritis memenuhi syarat sangat valid dengan hasil sebesar 3,69. Perangkat pembelajaran termasuk praktis karena keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik pada small group maupun field test dalam kategori sangat baik. Selain itu, perangkat pembelajaran termasuk efektif karena kemampuan berpikir kritis peserta didik pada small group umumnya dalam kategori sedang, sedangkan padaketerampilan berpikir kritisdiperolehskorn-gain sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA.

 

Katakunci:perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing,keterampilan berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI