DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI NORHALIZA RAHMIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-21


Siti Norhaliza Rahmie, 2022. Pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing : Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd, M.Si.).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap kewirausahaan dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 198 siswa dari semua program keahlian di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online untuk uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perngaruh yang positif dan signifikan antara sikap kewirausahaan dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linear berganda adalah Y = 36,230 + 0,170 X1 + 0,257 X2. Berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 15,183 > F tabel 3,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap kewirausahaan dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Berdasarkan uji hipotesis dapat diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,126. Nilai tersebut memiliki arti bahwa besarnya nilai pengaruh sikap kewirausahaan dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin adalah sebesar 12,6%, sedangkan 87,4% dari variabel minat berwirausaha dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Sikap Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI